Sambut Idul Adha 1445 H, Pemko Batam Gelar Pawai Takbir dan Lomba Mobil Hias

0
apat Koordinasi persiapan dipimpin Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. Untuk pelaksanaan Pawai Takbir akan dilaksanakan di Dataran Engku Hamidah pada Minggu (16/06/2024) malam. (foto : Muhammad Amin/batamtv.com)

Batam,batamtv.com,– Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Pawai Takbir dan lomba mobil hias di Dataran Engku Hamidah pada Minggu (16/06/2024) malam. Kemudian paginya, dilanjutan Shalat Idul Adha dan melaksanakan Qurban.

Rapat Koordinasi persiapan dipimpin Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. Dalam rapat, Jefridin menegaskan seluruh Perangkat Daerah wajib mengikuti pawai takbir dan lomba mobil hias. Pawai takbir Idul Adha dan lomba mobil hias selain diikuti internal Pemko Batam, juga diikuti oleh instansi vertikal, masjid, musala, perbankan dan hotel.

“Pawai takbir dan lomba mobil hias ini dalam rangka memeriahkan perayaan Idul Adha. Untuk itu seluruh SKPD wajib mengikuti lomba mobil hias ini. Kegiatan ini dalam rangka Syiar Islam dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha,” ujarnya didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, Yusfa Hendri di ruang rapat Setda Lantai 2 Kantor Walikota, Rabu (12/06/2024).

Pemko Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang mobil hias ini. Adapun beberapa kriteria untuk mengikuti lomba mobil hias, pertama menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 sentimeter.

Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang dan menampilkan logo dan slogan. Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi harus memperhatikan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas.

“Untuk logo dan slogan yang ditampilkan tolong jangan sampai ada unsur sara. Tampilkan logo dan slogan bernuansa islami bertemakan qurban misalnya,” himbaunya.

Adapun kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Idul Adha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakkan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Selain pawai takbir, pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha. Hiburan musik lokal di Dataran Engku Hamidah.

“Saya atas nama Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengimbau masyarakat Kota Batam untuk hadir menyaksikan pawai takbir dan lomba mobil hias di Dataran Engku Hamidah,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan pada Senin (17/06/2024) dimulai pukul 07.00 WIB s/d selesai. Tempat Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam menurutnya ditetapkan tiga lokasi, Dataran Engku Putri Batam Centre , Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman, Sei Harapan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, Yusfa Hendri menyampaikan akan menyurati dan mengimbau instansi vertikal, masjid, musala, perbankan dan hotel untuk mengikuti pawai takbir dan lomba mobil hias.

“Tadi secara teknis sudah dipaparkan oleh Pak Sekda terkait pelaksanaan pawai takbir dan lomba mobil hias. Perangkat Daerah juga sudah ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar mengingatkan agar yang melakukan pemotongan hewan qurban adalah orang-orang yang profesional dan berpengalaman. Katanya, juru sembelih halal (Juleha) Kota Batam sudah melatih penyembelih yang profesional dan bersertifikat.

Sementara untuk jumlah hewan qurban menurutnya ada tren kenaikan dibandingkan Idul Adha tahun 2023. Begitu juga dengan jumlah titik salat Idul Adha menurutnya juga mengalami kenaikan.

“Tahun lalu jumlah hewan qurban sapi dan kambing se Kota Batam sebanyak 3.600 ekor. Saat ini kami tengah melakukan pendataan, kemungkinan jumlah ini bertambah. Begitu juga dengan titik salat Idul Adha, jika pada Salat Idul Fitri lalu dilaksanakan di 889 titik, bisa saja meningkat pada Idul Adha ini,” katanya menambahkan.

Penanggungjawab : Oktarian

Editor : Sofyan Atsauri

Reporter : Muhammad Amin